Bab 6
Pelaksanaan PAI Terpadu (Tematik)
Di Sekolah Dasar (SD) Ar Rafi’
Dan
Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA)
Ar Rafi’
Program PAI berbasis kompetensi dengan
menggunakan tema-tema ibadah, dapat juga disebut sebagai Program “PAI Terpadu”, karena memadukan kelima
aspek PAI kedalam satu tema. Judul yang diambil adalah tema ibadah, mengapa?
Karena karena Allah Swt memerintahkan manusia untuk mengabdi atau beribadah
kepadaNya [Qs Adz Zariyat (51): 56]. Tema dan sub tema yang digunakan di SD dan MDTA Ar Rafi’ dapat di lihat dalam tabel 6.1 dan 6.2 .
No
|
Tema/sub tema
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
||
1
|
Thaharah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.1 Istinja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Wudhu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3 Tayamum
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.4 Mandi Janabat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Shalat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.1 Shalat Fardu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2 Shalat Jum'at
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.3 Shalat Berjamaah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.4 Shalat Sunat Rawatib
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.5 Shalat Sunat Qiyamulail
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.6 Shalat Id'ain
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.7 Shalat Janazah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.8 Shalat Duhah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Shaum Syawal, Shaum Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Shaum Senin Kamis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Zakat Fitrah, Pinjam meminjam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Ath Imah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Haji/ Umrah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 6.1 : Program PAI Bertema Ibadah di SD
Ar Rafi’
Berdasarkan tema-tema tersebut,
kemudian guru-guru PAI SD dan MDTA Ar Rafi mengembangkan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Berikut ini contoh RPP untuk Sub tema Shalat
Fardhu.
No
|
Tema/sub tema
|
1
|
2
|
3
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||||||||
1
|
Thaharah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.1 Istinja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Wudhu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3 Tayamum
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.4 Mandi Janabat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Shalat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.1 Shalat Fardu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2 Shalat Jum'at
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.3 Shalat Berjamaah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.4 Shalat Sunat Rawatib
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.5 Shalat Sunat Qiyamulail
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.6 Shalat Id'ain
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.7 Shalat Janazah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.8 Shalat Duhah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Shaum Syawal, Shaum Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Shaum Senin Kamis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Zakat Fitrah, Pinjam meminjam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Ath Imah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Haji/ Umrah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 6.2 : Program PAI Bertema Ibadah di MDTA
Ar Rafi’
Berdasarkan tema-tema tersebut,
kemudian guru-guru PAI SD dan MDTA Ar Rafi mengembangkan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Berikut ini contoh RPP untuk Sub tema Shalat
Fardhu.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH (MDTA)
AR-RAFI’ DRAJAT
TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017
Materi
Pembelajaran / Bidang Studi :
PAI
Kelas
/ Semester :
1 / 1
Tema :
Shalat Fardhu
Waktu :
80 x 2 jam pelajaran
Standar
Kompetensi :
Peserta didik mampu melaksanakan Shalat Fardhu
sesuai dengan ketentuan Al-Quran dan
Al-Hadits
serta dapat mengaplikasikan dan
merealisasikannya
dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk
ahlak
mulia
Kompetensi
Dasar (KD) 1 : Peserta didik dapat membaca surat al-fatihah
dan
dapat menerjemahkannya
kata demi kata, dan
mengamalkannya
dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi
Waktu :
8 x 2 jam pelajaran
Apa yang kita inginkan untuk dipelajari siswa?
|
Bagaimana cara mengetahui bahwa siswa sudah mempelajari?
|
Sejauh mana Efektifitas belajar siswa?
|
|||
Kompetensi Dasar (Tujuan)
|
Pertanyaan
Pengarah
|
Pengukur
|
Evaluasi
|
Prosedur Pembelajaran
|
Materi Pembelajaran
|
Buku Siswa, Referensi &
Media Pembelajaran
|
|||||
Peserta didik mampu melafalkan dan menerjemahkan kalimat ta’awudz
dan merealisasikan dalam kehidupan sehari-hari
|
a.
Apakah peserta didik mengetahui
kalimat ta’awudz?
b.
Apakah peserta didik dapat
melafalkan kalimat ta’awud?
c.
Apakah peserta didik dapat
menerjemahkan Ta’awudz kata demi kata
d.
Apakah peserta didik memahami
pengalaman kalimat ta’awudz dalam kehidupan sehari – hari ?
|
a.1 Anak
dapat menjelaskan apa yang disebut dengan ta’awudz
b.1 Peserta
didik dapat melafalkan kalimat ta’awudz secara bertahap
c.1.
Peserta didik dapat menerjemahkan
kalimat ta’awudz kata perkata
c.2.
Peserta didik dapat menterjemahkan
bacaan ta’awudz dengan jelas dan lancar
d.1. Peserta didik dapat menyebutkan 3 contoh
kegiatan yang berkatian dengan kalimat
ta’awudz
d.2. Peserta didik
dapat menyebutkan 3 contoh peristiwa yang berkatian dengan ta’awudz
|
Tes Lisan
Tes Lisan
|
1.
Pertemuan
pertama
Metode Pembelajaran :
Praktek langsung
Pendahuluan : (10 menit)
· Guru
memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmallah
· Guru
mengkondisikan anak pada situasi belajar dan mengabsen siswa
· Guru
mereview materi sebelumnya
Kegiatan inti (2x25 menit)
Eksplorasi
· Guru
menanyakan siapa yang tahu bacaan ta’awudz
· Guru
mengucapkan bacaan ta’awudz secara keseluruhan
beserta terjemahannya dan di ikuti oleh peserta didik bersama –sama dan
berulang ulang
· Guru
meminta peserta didik satu persatu
melafalkan kalimat ta’awudz dan terjemahannya secara keseluruhan
· Guru
mengucapkan bacaan ta’awudz kata
perkata beserta terjemahannya dan di ikuti oleh peserta didik bersama –sama
dan berulang ulang
· Guru
membaca kalimat ta’awudz beserta terjemahannya kata perkata
· Guru
meminta peserta didik satu persatu melafalkan kalimat ta’awudz dan
terjemahannya secara kata perkata
Elaborasi
· Guru
memberi pertanyaan / meminta 3 contoh kejadian alam yang berkaitan dengan kalimat
ta’awudz
· Guru
memberi pertanyaan / meminta 3 contoh kegiatan yang berkaitan dengan kalimat
ta’awudz
· Guru
mengumpulkan jawaban semua siswa dan menulisnya dipapan tulis untuk diketahui
oleh semua anak
Konfirmasi
· Guru
memberikan penilaian dan evaluasi
· Peserta
didik yang bisa melafalkan bacaan dengan baik dan benar diberi reward
· Peserta
didik ditugaskan untuk mengetahui surat al-fatihah
Penutup (10 menit)
· Peserta
didik menyimak kesimpulan materi yang
disampaikan oleh guru
· Peserta
didik diberi tugas untuk mengucapkan ta’awudz setiap akan melakukan kegiatan
yang baik
· Guru
menutup pembelajaran dengan membaca hamdallah dan do’a akhir majelis
bersama-sama
|
Buku Cara
Mudah Belajar Shalat (CMBS)
Al-Qur’an
Terjemah
Gambar-gambar
gerakan sholat
|
Peserta didik mampu melafalkan dan menerjemahkan Surat
Al-Fatihah dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari
|
a.
Apakah peserta didik mengetahui
surat al-fatihah ayat pertama?
b.
Apakah peserta didik mengenal
bacaan basmallah dan dapat melafalkan-nya?
c.
Apakah peserta didik bisa
melafalkan basmallah per-kata beserta terjemahnya?
d.
Apakah peserta didik dapat
memahami dan menghayati makna dari basmallah dan dengan memberikan beberapa
contohnya?
|
a.1 Anak
dapat menjelaskan apa yang disebut dengan surat al Fatihah
b.1 Peserta
didik dapat melafalkan surat al-fatihah ayat pertama secara bertahap
c.1.
Peserta didik dapat melafalkan
bacaan basmallah secara tartil
c.2.
Peserta didik dapat menterjemahkan
bacaan basmallah dengan jelas dan lancar
d.1. Peserta didik dapat menyebutkan 3 contoh
kegiatan yang berkatian dengan basmallah
d.2. Peserta
didik dapat menyebutkan 3 contoh peristiwa yang berkatian dengan basmallah
|
Tes Lisan
Tes Lisan
|
2.
Pertemuan
Kedua
Metode Pembelajaran :
Praktek langsung
Pendahuluan : (10 menit)
· Guru
memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmallah
· Guru
mengkondisikan anak pada situasi belajar dan mengabsen siswa
· Guru
mereview materi sebelumnya
Kegiatan inti (2x25 menit)
Eksplorasi
· Guru
menanyakan siapa yang tahu surat al-fatihah
· Guru
mengucapkan surat al-fatihah ayat
pertama/kalimat basmallah secara keseluruhan beserta terjemahannya dan di
ikuti oleh peserta didik bersama –sama dan berulang ulang
· Guru
meminta peserta didik satu persatu
melafalkan kalimat basmallah dan terjemahannya secara keseluruhan
· Guru
mengucapkan kalimat basmallah kata perkata beserta terjemahannya dan di ikuti
oleh peserta didik bersama –sama dan berulang ulang
· Guru
membaca kalimat basmallah beserta
terjemahannya kata perkata
· Guru
meminta peserta didik satu persatu melafalkan kalimat basmallah dan
terjemahannya secara kata perkata
Elaborasi
· Guru
memberi pertanyaan / meminta 3 contoh kejadian yang berkaitan dengan kalimat basmallah
· Guru
memberi pertanyaan / meminta 3 contoh kegiatan yang berkaitan dengan kalimat basmallah
· Guru
mengumpulkan jawaban semua siswa dan menulisnya dipapan tulis untuk diketahui
oleh semua anak
Konfirmasi
· Guru
memberikan penilaian dan evaluasi
· Peserta
didik yang bisa melafalkan bacaan dengan baik dan benar diberi reward
· Peserta
didik ditugaskan untuk mengetahui ayat lain
Penutup (10 menit)
· Peserta
didik menyimak kesimpulan materi yang
disampaikan oleh guru
· Peserta
didik diberi tugas untuk mengucapkan ta’awudz dan basmallah setiap akan
melakukan kegiatan yang baik
· Guru
menutup pembelajaran dengan membaca hamdallah dan do’a akhir majelis bersama-sama
|
Buku Cara
Mudah Belajar Shalat (CMBS)
Al-Qur’an
Terjemah
Gambar-gambar
gerakan sholat
|
Peserta didik mampu melafalkan dan menerjemahkan Surat
Al-Fatihah dan merealisasikan dalam kehidupan sehari-hari
|
a.
Apakah peserta didik mengetahui
surat al-fatihah ayat-2?
b.
Apakah peserta didik mengenal
bacaan surat al-fatihah ayat-2 dan dapat melafalkan-nya?
c.
Apakah peserta didik bisa
melafalkan surat al-fatihah ayat-2 per-kata beserta terjemahnya?
d.
Apakah peserta didik dapat
memahami dan menghayati makna dari surat al-fatihah ayat-2 dan dengan
memberikan beberapa contohnya?
|
b.1 Peserta
didik dapat melafalkan surat al-fatihah ayat-2 secara bertahap
c.1.
Peserta didik dapat melafalkan bacaan
surat al-fatihah ayat-2 secara tartil
c.2.
Peserta didik dapat menterjemahkan
bacaan surat al-fatihah ayat-2 dengan jelas dan lancar
d.1. Peserta didik dapat menyebutkan 3 contoh
kegiatan yang berkatian dengan surat al-fatihah ayat-2
d.2. Peserta didik
dapat menyebutkan 3 contoh peristiwa yang berkatian dengan surat al-fatihah
ayat-2
|
Tes Lisan
Tes Lisan
|
3.
Pertemuan
Ketiga
Metode Pembelajaran :
Praktek langsung
Pendahuluan : (10 menit)
· Guru
memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmallah
· Guru
mengkondisikan anak pada situasi belajar dan mengabsen siswa
· Guru
mereview materi sebelumnya
Kegiatan inti (2x25 menit)
Eksplorasi
· Guru
menanyakan siapa yang mengetahui ayat lain surat al-fatihah
· Guru
mengucapkan surat al-fatihah ayat ke-2
secara keseluruhan beserta terjemahannya dan di ikuti oleh peserta didik
bersama –sama dan berulang ulang
· Guru
meminta peserta didik satu persatu
melafalkan surat al-fatihah ayat ke-2 dan terjemahannya secara
keseluruhan
· Guru
mengucapkan surat al-fatihah ayat ke-2 kata perkata beserta terjemahannya dan
di ikuti oleh peserta didik bersama –sama dan berulang ulang
· Guru
membaca surat al-fatihah ayat ke-2 beserta terjemahannya kata perkata
· Guru
meminta peserta didik satu persatu melafalkan surat al-fatihah ayat ke-2 dan
terjemahannya secara kata perkata
Elaborasi
· Guru
memberi pertanyaan / meminta 3 contoh kejadian yang berkaitan dengan surat al-fatihah ayat
2
· Guru
memberi pertanyaan / meminta 3 contoh kegiatan yang berkaitan dengan surat
al-fatihah ayat 2
· Guru
mengumpulkan jawaban semua siswa dan menulisnya dipapan tulis untuk diketahui
oleh semua anak
Konfirmasi
· Guru
memberikan penilaian dan evaluasi
· Peserta
didik yang bisa melafalkan bacaan dengan baik dan benar diberi reward
· Peserta
didik ditugaskan untuk mengetahui ayat lain
Penutup (10 menit)
· Peserta
didik menyimak kesimpulan materi yang
disampaikan oleh guru
· Peserta
didik diberi tugas untuk selalu menghafal dan mengamalkan surat al-fatihah
beserta terjemahnya dalam setiap shalat
· Guru
menutup pembelajaran dengan membaca hamdallah dan do’a akhir majelis
bersama-sama
|
Buku Cara
Mudah Belajar Shalat (CMBS)
Al-Qur’an
Terjemah
Gambar-gambar
gerakan sholat
|
Peserta didik mampu melafalkan dan menerjemahkan Surat
Al-Fatihah dan merealisasikan dalam kehidupan sehari-hari
|
a.
Apakah peserta didik mengetahui surat
al-fatihah ayat ke-3 dan 4?
b.
Apakah peserta didik mengenal
bacaan surat al-fatihah ayat ke-3 dan 4 dan dapat melafalkan-nya?
c.
Apakah peserta didik bisa
melafalkan surat al-fatihah ke-3 dan 4 per-kata beserta terjemahnya?
d.
Apakah peserta didik dapat
memahami dan menghayati makna dari surat al-fatihah ayat ke-3 dan 4 dan
dengan memberikan beberapa contohnya?
|
b.1 Peserta
didik dapat melafalkan surat al-fatihah ayat ke-3 dan 4 secara bertahap
c.1.
Peserta didik dapat melafalkan
bacaan surat al-fatihah ayat ke-3 dan 4 secara tartil
c.2.
Peserta didik dapat menterjemahkan
bacaan surat al-fatihah ke-3 dan 4 dengan jelas dan lancar
d.1. Peserta didik dapat menyebutkan 3 contoh
kegiatan yang berkatian dengan surat al-fatihah ayat ke-3 dan 4
d.2. Peserta didik
dapat menyebutkan 3 contoh peristiwa yang berkatian dengan surat al-fatihah
ayat ke-3 dan 4
|
Tes Lisan
Tes Lisan
|
4.
Pertemuan
Keempat
Metode Pembelajaran :
Praktek langsung
Pendahuluan : (10 menit)
· Guru
memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmallah
· Guru
mengkondisikan anak pada situasi belajar dan mengabsen siswa
· Guru
mereview materi sebelumnya
Kegiatan inti (2x25 menit)
Eksplorasi
· Guru
menanyakan siapa yang mengetahui ayat lain surat al-fatihah
· Guru
mengucapkan surat al-fatihah ayat ke-3
dan 4 secara keseluruhan beserta terjemahannya dan di ikuti oleh peserta
didik bersama –sama dan berulang ulang
· Guru
meminta peserta didik satu persatu
melafalkan surat al-fatihah ayat ke-3 dan 4 dan terjemahannya secara
keseluruhan
· Guru
mengucapkan surat al-fatihah ayat ke-3 dan 4 kata perkata beserta
terjemahannya dan di ikuti oleh peserta didik bersama –sama dan berulang
ulang
· Guru
membaca surat al-fatihah ayat ke-3 dan 4 beserta terjemahannya kata perkata
· Guru
meminta peserta didik satu persatu melafalkan surat al-fatihah ayat ke-3 dan
4 dan terjemahannya secara kata perkata
Elaborasi
· Guru
memberi pertanyaan / meminta 3 contoh kejadian yang berkaitan dengan surat al-fatihah ayat
ke-3 dan 4
· Guru
memberi pertanyaan / meminta 3 contoh kegiatan yang berkaitan dengan surat
al-fatihah ayat ke-3 dan 4
· Guru
mengumpulkan jawaban semua siswa dan menulisnya dipapan tulis untuk diketahui
oleh semua anak
Konfirmasi
· Guru
memberikan penilaian dan evaluasi
· Peserta
didik yang bisa melafalkan bacaan dengan baik dan benar diberi reward
· Peserta
didik ditugaskan untuk mengetahui ayat lain
Penutup (10 menit)
· Peserta
didik menyimak kesimpulan materi yang
disampaikan oleh guru
· Peserta
didik diberi tugas untuk selalu menghafal dan mengamalkan surat alfatihah
beserta terjemahnya dalam setiap shalat
· Guru
menutup pembelajaran dengan membaca hamdallah dan do’a akhir majelis
bersama-sama
|
Buku Cara
Mudah Belajar Shalat (CMBS)
Al-Qur’an
Terjemah
Gambar-gambar
gerakan sholat
|
Peserta didik mampu melafalkan dan menerjemahkan Surat
Al-Fatihah dan merealisasikan dalam kehidupan sehari-hari
|
a.
Apakah peserta didik mengetahui surat
al-fatihah ayat ke-5?
b.
Apakah peserta didik mengenal
bacaan surat al-fatihah ayat ke-5 dan dapat melafalkan-nya?
c.
Apakah peserta didik bisa
melafalkan surat al-fatihah ke-5 per-kata beserta terjemahnya?
d.
Apakah peserta didik dapat
memahami dan menghayati makna dari surat al-fatihah ayat ke-5 dan dengan
memberikan beberapa contohnya?
|
b.1 Peserta
didik dapat melafalkan surat al-fatihah ayat ke-5 secara bertahap
c.1.
Peserta didik dapat melafalkan
bacaan surat a-lfatihah ayat ke-5 secara tartil
c.2.
Peserta didik dapat menterjemahkan
bacaan surat al-fatihah ke-5 dengan jelas dan lancar
d.1. Peserta didik dapat menyebutkan 3 contoh
kegiatan yang berkatian dengan surat al-fatihah ayat ke-5
d.2. Peserta didik
dapat menyebutkan 3 contoh peristiwa yang berkatian dengan surat al-fatihah
ayat ke-5
|
Tes Lisan
Tes Lisan
|
5.
Pertemuan
Kelima
Metode Pembelajaran :
Praktek langsung
Pendahuluan : (10 menit)
· Guru
memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmallah
· Guru
mengkondisikan anak pada situasi belajar dan mengabsen siswa
· Guru
mereview materi sebelumnya
Kegiatan inti (2x25 menit)
Eksplorasi
· Guru
menanyakan siapa yang mengetahui ayat lain surat al-fatihah
· Guru
mengucapkan surat al-fatihah ayat ke-5
secara keseluruhan beserta terjemahannya dan di ikuti oleh peserta didik
bersama –sama dan berulang ulang
· Guru
meminta peserta didik satu persatu
melafalkan surat al-fatihah ayat ke-5 dan terjemahannya secara
keseluruhan
· Guru
mengucapkan surat al-fatihah ayat ke-5 kata perkata beserta terjemahannya dan
di ikuti oleh peserta didik bersama –sama dan berulang ulang
· Guru
membaca surat al-fatihah ayat ke-5 beserta terjemahannya kata perkata
· Guru
meminta peserta didik satu persatu melafalkan surat al-fatihah ayat ke-5 dan
terjemahannya secara kata perkata
Elaborasi
· Guru
memberi pertanyaan / meminta 3 contoh kejadian yang berkaitan dengan surat al-fatihah ayat ke-5
· Guru
memberi pertanyaan / meminta 3 contoh kegiatan yang berkaitan dengan surat
al-fatihah ayat ke-5
· Guru
mengumpulkan jawaban semua siswa dan menulisnya dipapan tulis untuk diketahui
oleh semua anak
Konfirmasi
· Guru
memberikan penilaian dan evaluasi
· Peserta
didik yang bisa melafalkan bacaan dengan baik dan benar diberi reward
· Peserta
didik ditugaskan untuk mengetahui ayat lain
Penutup (10 menit)
· Peserta
didik menyimak kesimpulan materi yang
disampaikan oleh guru
· Peserta
didik diberi tugas untuk selalu menghafal dan mengamalkan surat alfatihah
beserta terjemahnya dalam setiap shalat
· Guru
menutup pembelajaran dengan membaca hamdallah dan do’a akhir majelis
bersama-sama
|
Buku Cara
Mudah Belajar Shalat (CMBS)
Al-Qur’an
Terjemah
Gambar-gambar
gerakan sholat
|
Peserta didik mampu melafalkan dan menerjemahkan Surat Al-Fatihah
dan merealisasikan dalam kehidupan sehari-hari
|
a.
Apakah peserta didik mengetahui surat
al-fatihah ayat ke-6?
b.
Apakah peserta didik mengenal
bacaan surat al-fatihah ayat ke-6 dan dapat melafalkan-nya?
c.
Apakah peserta didik bisa
melafalkan surat al-fatihah ke-6 per-kata beserta terjemahnya?
d.
Apakah peserta didik dapat
memahami dan menghayati makna dari surat al-fatihah ayat ke-6 dan dengan
memberikan beberapa contohnya?
|
b.1 Peserta
didik dapat melafalkan surat al-fatihah ayat ke-6 secara bertahap
c.1.
Peserta didik dapat melafalkan
bacaan surat al-fatihah ayat ke-6 secara tartil
c.2.
Peserta didik dapat menterjemahkan
bacaan surat al-fatihah ke-6 dengan jelas dan lancar
d.1. Peserta didik dapat menyebutkan 3 contoh
kegiatan yang berkatian dengan surat al-fatihah ayat ke-6
d.2. Peserta didik
dapat menyebutkan 3 contoh peristiwa yang berkatian dengan surat al-fatihah
ayat ke-6
|
Tes Lisan
Tes Lisan
|
6.
Pertemuan
Keenam
Metode Pembelajaran :
Praktek langsung
Pendahuluan : (10 menit)
· Guru
memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmallah
· Guru
mengkondisikan anak pada situasi belajar dan mengabsen siswa
· Guru
mereview materi sebelumnya
Kegiatan inti (2x25 menit)
Eksplorasi
· Guru
menanyakan siapa yang mengetahui ayat lain surat al-fatihah
· Guru
mengucapkan surat al-fatihah ayat ke-6
secara keseluruhan beserta terjemahannya dan di ikuti oleh peserta didik
bersama –sama dan berulang ulang
· Guru
meminta peserta didik satu persatu
melafalkan surat al-fatihah ayat ke-6 dan terjemahannya secara
keseluruhan
· Guru
mengucapkan surat al-fatihah ayat ke-6 kata perkata beserta terjemahannya dan
di ikuti oleh peserta didik bersama –sama dan berulang ulang
· Guru
membaca surat al-fatihah ayat ke-6 beserta terjemahannya kata perkata
· Guru
meminta peserta didik satu persatu melafalkan surat al-fatihah ayat ke-6 dan
terjemahannya secara kata perkata
Elaborasi
· Guru
memberi pertanyaan / meminta 3 contoh kejadian yang berkaitan dengan surat al-fatihah ayat ke-6
· Guru
memberi pertanyaan / meminta 3 contoh kegiatan yang berkaitan dengan surat
al-fatihah ayat ke-6
· Guru
mengumpulkan jawaban semua siswa dan menulisnya dipapan tulis untuk diketahui
oleh semua anak
Konfirmasi
· Guru
memberikan penilaian dan evaluasi
· Peserta
didik yang bisa melafalkan bacaan dengan baik dan benar diberi reward
· Peserta
didik ditugaskan untuk mengetahui ayat lain
Penutup (10 menit)
· Peserta
didik menyimak kesimpulan materi yang
disampaikan oleh guru
· Peserta
didik diberi tugas untuk selalu menghafal dan mengamalkan surat alfatihah
beserta terjemahnya dalam setiap shalat
· Guru
menutup pembelajaran dengan membaca hamdallah dan do’a akhir majelis
bersama-sama
|
Buku Cara
Mudah Belajar Shalat (CMBS)
Al-Qur’an
Terjemah
Gambar-gambar
gerakan sholat
|
Peserta didik mampu melafalkan dan menerjemahkan Surat
Al-Fatihah dan merealisasikan dalam kehidupan sehari-hari
|
a.
Apakah peserta didik mengetahui surat
al-fatihah ayat ke-7?
b.
Apakah peserta didik mengenal
bacaan potongan surat al-fatihah ayat ke-7 dan dapat melafalkan-nya?
c.
Apakah peserta didik bisa
melafalkan potongan surat al-fatihah ke-7 per-kata beserta terjemahnya?
d.
Apakah peserta didik dapat
memahami dan menghayati makna dari potongan surat al-fatihah ayat ke-7 dan
dengan memberikan beberapa contohnya?
|
b.1 Peserta
didik dapat melafalkan surat al-fatihah ayat ke-7 secara bertahap
c.1.
Peserta didik dapat melafalkan
bacaan potongan surat al-fatihah ayat ke-7 secara tartil
c.2.
Peserta didik dapat menterjemahkan
bacaan potongan surat al-fatihah ayat ke-7
dengan jelas dan lancar
d.1. Peserta didik dapat menyebutkan 3 contoh
kegiatan yang berkatian dengan potongan surat al-fatihah ayat ke-7
d.2. Peserta didik
dapat menyebutkan 3 contoh peristiwa yang berkatian dengan potongan surat
al-fatihah ayat ke-7
|
Tes Lisan
Tes Lisan
|
7.
Pertemuan
Ketujuh
Metode Pembelajaran :
Praktek langsung
Pendahuluan : (10 menit)
· Guru
memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmallah
· Guru
mengkondisikan anak pada situasi belajar dan mengabsen siswa
· Guru
mereview materi sebelumnya
Kegiatan inti (2x25 menit)
Eksplorasi
· Guru
menanyakan siapa yang mengetahui ayat lain surat al-fatihah
· Guru
mengucapkan potongan surat al-fatihah ayat
ke-7 secara keseluruhan beserta terjemahannya dan di ikuti oleh peserta didik
bersama –sama dan berulang ulang
· Guru
meminta peserta didik satu persatu
melafalkan potongan surat al-fatihah ayat ke-7 dan terjemahannya
secara keseluruhan
· Guru
mengucapkan potongan surat al-fatihah ayat ke-7 kata perkata beserta
terjemahannya dan di ikuti oleh peserta didik bersama –sama dan berulang
ulang
· Guru
membaca potongan surat al-fatihah ayat ke-7 beserta terjemahannya kata
perkata
· Guru
meminta peserta didik satu persatu melafalkan potongan surat al-fatihah ayat
ke-7 dan terjemahannya secara kata perkata
Elaborasi
· Guru
memberi pertanyaan / meminta 3 contoh kejadian yang berkaitan dengan potongan surat al-fatihah ayat ke-7
· Guru
memberi pertanyaan / meminta 3 contoh kegiatan yang berkaitan dengan potongan
surat al-fatihah ayat ke-7
· Guru
mengumpulkan jawaban semua siswa dan menulisnya dipapan tulis untuk diketahui
oleh semua anak
Konfirmasi
· Guru
memberikan penilaian dan evaluasi
· Peserta
didik yang bisa melafalkan bacaan dengan baik dan benar diberi reward
· Peserta
didik ditugaskan untuk mengetahui ayat lain
Penutup (10 menit)
· Peserta
didik menyimak kesimpulan materi yang
disampaikan oleh guru
· Peserta
didik diberi tugas untuk selalu menghafal dan mengamalkan surat alfatihah
beserta terjemahnya dalam setiap shalat
· Guru
menutup pembelajaran dengan membaca hamdallah dan do’a akhir majelis
bersama-sama
|
Buku Cara
Mudah Belajar Shalat (CMBS)
Al-Qur’an Terjemah
Gambar-gambar
gerakan sholat
|
Peserta didik mampu melafalkan dan menerjemahkan Surat
Al-Fatihah dan merealisasikan dalam kehidupan sehari-hari
|
a.
Apakah peserta didik mengetahui surat
al-fatihah ayat ke-7?
b.
Apakah peserta didik mengenal
bacaan potongan surat al-fatihah ayat ke-7 dan dapat melafalkan-nya?
c.
Apakah peserta didik bisa
melafalkan potongan surat al-fatihah ke-7 per-kata beserta terjemahnya?
d.
sApakah peserta didik dapat
memahami dan menghayati makna dari potongan surat al-fatihah ayat ke-7 dan
dengan memberikan beberapa contohnya?
|
b.1 Peserta
didik dapat melafalkan surat al-fatihah ayat ke-7 secara bertahap
c.1.
Peserta didik dapat melafalkan
bacaan potongan surat al-fatihah ayat ke-7 secara tartil
c.2.
Peserta didik dapat menterjemahkan
bacaan potongan surat al-fatihah ayat ke-7
dengan jelas dan lancar
d.1. Peserta didik dapat menyebutkan 3 contoh
kegiatan yang berkatian dengan potongan surat al-fatihah ayat ke-7
d.2. Peserta didik
dapat menyebutkan 3 contoh peristiwa yang berkatian dengan potongan surat
al-fatihah ayat ke-7
|
Tes Lisan
Tes Lisan
|
8.
Pertemuan
Kedelapan
Metode Pembelajaran :
Praktek langsung
Pendahuluan : (10 menit)
· Guru
memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmallah
· Guru
mengkondisikan anak pada situasi belajar dan mengabsen siswa
· Guru
mereview materi sebelumnya
Kegiatan inti (2x25 menit)
Eksplorasi
· Guru
menanyakan siapa yang mengetahui ayat lain surat al-fatihah
· Guru
mengucapkan potongan surat al-fatihah
ayat ke-7 secara keseluruhan beserta terjemahannya dan di ikuti oleh peserta
didik bersama –sama dan berulang ulang
· Guru
meminta peserta didik satu persatu
melafalkan potongan surat al-fatihah ayat ke-7 dan terjemahannya
secara keseluruhan
· Guru
mengucapkan potongan surat al-fatihah ayat ke-7 kata perkata beserta
terjemahannya dan di ikuti oleh peserta didik bersama –sama dan berulang
ulang
· Guru
membaca potongan surat al-fatihah ayat ke-7 beserta terjemahannya kata
perkata
· Guru
meminta peserta didik satu persatu melafalkan potongan surat al-fatihah ayat
ke-7 dan terjemahannya secara kata perkata
Elaborasi
· Guru
memberi pertanyaan / meminta 3 contoh kejadian yang berkaitan dengan kalimat surat
al-fatihah ayat ke-7
· Guru
memberi pertanyaan / meminta 3 contoh kegiatan yang berkaitan dengan kalimat surat
al-fatihah ayat ke-7
· Guru
mengumpulkan jawaban semua siswa dan menulisnya dipapan tulis untuk diketahui
oleh semua anak
Konfirmasi
· Guru
memberikan penilaian dan evaluasi
· Peserta
didik yang bisa melafalkan bacaan dengan baik dan benar diberi reward
· Peserta
didik ditugaskan untuk mengetahui ayat lain
Penutup (10 menit)
· Peserta
didik menyimak kesimpulan materi yang
disampaikan oleh guru
· Peserta
didik diberi tugas untuk selalu menghafal dan mengamalkan surat alfatihah
beserta terjemahnya dalam setiap shalat
· Guru
menutup pembelajaran dengan membaca hamdallah dan do’a akhir majelis
bersama-sama
|
Buku Cara
Mudah Belajar Shalat (CMBS)
Al-Qur’an
Terjemah
Gambar-gambar
gerakan sholat
|
KARTU HASIL
STUDI
PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM MDTA AR-RAFI’
TAHUN PELAJARAN
2016-2017
Nama : …………. Kelas : 1
NIS : …………. Semester : 1
No.
|
Indikator yang dinilai
|
Penilaian
|
Keterangan
|
|
Tuntas
|
Belum Tuntas
|
|||
|
Sub
Tema : Ta’awudz & Surat Alfatihah
|
|
|
|
|
Pengetahuan
(KI-3)
|
|
|
|
1
|
Peserta
didik dapat melafalkan ta’awudz secara tartil
|
|
|
|
2
|
Peserta
didik dapat menjelaskan terjemah ta’awudz secara perkata dengan percaya diri
|
|
|
|
3
|
Peserta
didik dapat melafalkan ta’awudz serta menjelaskan terjemah dengan percaya diri
|
|
|
|
4
|
Peserta
didik dapat melafalkan basmallah secara tartil
|
|
|
|
5
|
Peserta
didik dapat menjelaskan terjemah basmallah secara perkata dengan percaya diri
|
|
|
|
6
|
Peserta
didik dapat melafalkan basmallah serta menjelaskan terjemah dengan percaya diri
|
|
|
|
7
|
Peserta
didik dapat melafalkan surat al-fatihah ayat ke-2 (alhamdulillaahi robbil-‘aalamiina) secara
tartil
|
|
|
|
8
|
Peserta
didik dapat menjelaskan terjemah surat al-fatihah ayat ke-2 secara perkata dengan percaya diri
|
|
|
|
9
|
Peserta
didik dapat melafalkan surat al-fatihah ayat ke-2 serta menjelaskan terjemah dengan percaya diri
|
|
|
|
10
|
Peserta
didik dapat melafalkan surat al-fatihah ayat ke-3 dan 4 (arrohmaanirrohiim,
maaliki yaumiddiin) secara tartil
|
|
|
|
11
|
Peserta
didik dapat menjelaskan terjemah surat al-fatihah ayat ke-3 dan 4 secara
perkata dengan percaya diri
|
|
|
|
12
|
Peserta
didik dapat melafalkan surat al-fatihah ayat ke-3 dan 4 serta
menjelaskan terjemah dengan percaya
diri
|
|
|
|
13
|
Peserta
didik dapat melafalkan surat al-fatihah ayat ke-5 (iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin)
secara tartil
|
|
|
|
14
|
Peserta
didik dapat menjelaskan terjemah surat al-fatihah ayat ke-5 secara perkata dengan percaya diri
|
|
|
|
15
|
Peserta
didik dapat melafalkan surat al-fatihah ayat ke-5 serta menjelaskan terjemah dengan percaya diri
|
|
|
|
16
|
Peserta
didik dapat melafalkan surat al-fatihah ayat ke-6 (ihdinaash
shirootol-mustaqiim) secara tartil
|
|
|
|
17
|
Peserta
didik dapat menjelaskan terjemah surat al-fatihah ayat ke-6 secara perkata dengan percaya diri
|
|
|
|
18
|
Peserta
didik dapat melafalkan surat al-fatihah ayat ke-6 serta menjelaskan terjemah dengan percaya diri
|
|
|
|
19
|
Peserta
didik dapat melafalkan potongan surat al-fatihah ayat ke-7
(shirootol-ladziina an ‘amta ‘alaihim) secara tartil
|
|
|
|
20
|
Peserta
didik dapat menjelaskan terjemah potongan surat al-fatihah ayat ke-7 secara perkata dengan percaya diri
|
|
|
|
21
|
Peserta
didik dapat melafalkan potongan surat al-fatihah ayat ke-7 serta menjelaskan terjemah dengan percaya diri
|
|
|
|
22
|
Peserta
didik dapat melafalkan potongan surat al-fatihah ayat ke-7 (ghairil maghduubi
‘alaihim waladh-dhoolliin) secara tartil
|
|
|
|
23
|
Peserta
didik dapat menjelaskan terjemah potongan surat al-fatihah ayat ke-7 secara perkata dengan percaya diri
|
|
|
|
24
|
Peserta
didik dapat melafalkan potongan surat al-fatihah ayat ke-7 serta menjelaskan terjemah dengan percaya diri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ahlak
Mulia (KI-4)
|
|
|
|
1
|
Peserta
didik dapat menyebutkan 3
kegiatan yang biasa diawali dengan
kalimat ta’awudz
|
|
|
|
2
|
Peserta
didik dapat menyebutkan 3
peristiwa yang biasa diawali dengan
kalimat ta’awudz
|
|
|
|
3
|
Peserta
didik dapat menyebutkan 3
kegiatan yang biasa diawali dengan
kalimat basmallah
|
|
|
|
4
|
Peserta
didik dapat menyebutkan 3
peristiwa yang biasa diawali dengan kalimat
basmallah
|
|
|
|
5
|
Peserta
didik dapat menyebutkan 3
kegiatan yang berkaitan dengan surat
al-fatihah ayat ke-2
|
|
|
|
6
|
Peserta
didik dapat menyebutkan 3
peristiwa yang berkaitan dengan surat
al-fatihah ayat ke-2
|
|
|
|
7
|
Peserta
didik dapat menyebutkan 3
kegiatan yang berkaitan dengan surat
al-fatihah ayat ke-3 dan 4
|
|
|
|
8
|
Peserta
didik dapat menyebutkan 3
peristiwa yang berkaitan dengan surat
al-fatihah ayat ke-3 dan 4
|
|
|
|
9
|
Peserta
didik dapat menyebutkan 3
kegiatan yang berkaitan dengan surat
al-fatihah ayat ke-5
|
|
|
|
10
|
Peserta
didik dapat menyebutkan 3
peristiwa yang berkaitan dengan surat
al-fatihah ayat ke-5
|
|
|
|
11
|
Peserta
didik dapat menyebutkan 3
kegiatan yang berkaitan dengan surat
al-fatihah ayat ke-6
|
|
|
|
12
|
Peserta
didik dapat menyebutkan 3
peristiwa yang berkaitan dengan surat
al-fatihah ayat ke-6
|
|
|
|
13
|
Peserta
didik dapat menyebutkan 3
kegiatan yang berkaitan dengan surat
al-fatihah ayat ke-7
|
|
|
|
14
|
Peserta
didik dapat menyebutkan 3
peristiwa yang berkaitan dengan surat
al-fatihah ayat ke-7
|
|
|
|
15
|
Peserta
didik dapat menyebutkan 3
kegiatan yang berkaitan dengan surat
al-fatihah
|
|
|
|
16
|
Peserta
didik dapat menyebutkan 3
peristiwa yang berkaitan dengan surat
al-fatihah
|
|
|
|
Tema : Shalat
0 komentar:
Posting Komentar